fbpx
Home Blog blogpost 5 Jam Tangan Rolex Vintage Paling Dicari dan Tips Membelinya
5 Jam Tangan Rolex Vintage Paling Dicari dan Tips Membelinya

5 Jam Tangan Rolex Vintage Paling Dicari dan Tips Membelinya

Rolex adalah salah satu merek paling terkenal di dunia. Namanya identik dengan jam tangan mewah, jadi apakah mengherankan bahwa jam tangan dari pembuat jam tangan yang berbasis di Swiss ini begitu diminati? Bukan hanya model terbaru yang membuat mata para penggemar jam tangan berkilau. Rolex vintage pun semakin populer, dan tidak hanya di kalangan kolektor. Jam tangan vintage memancarkan pesona khusus, menceritakan kisah tersendiri yang disukai orang. Banyak jam tangan ini juga menjadi semakin langka selama bertahun-tahun, yang memberikan prestise tambahan pada jam tangan Rolex vintage. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli Rolex vintage. 

Kapan suatu jam tangan dianggap “vintage”?

Selama bertahun-tahun, jam tangan harus minimal berusia minimal 25 tahun untuk dianggap sebagai jam tangan vintage. Dalam beberapa tahun terakhir, praktik berikut telah menjadi standar: Jam tangan yang berusia lebih dari 100 tahun dianggap antik. Jam tangan yang diproduksi pada tahun 1980-an dan sebelumnya dianggap vintage. Jam tangan yang diproduksi antara tahun 1990 dan 2010 termasuk dalam kategori neo-vintage.

Model Rolex Menarik Dari Masa Lalu

Di Timemaison, Anda akan menemukan banyak jam tangan Rolex yang tidak lagi diproduksi oleh perusahaan Swiss tersebut. Baca terus untuk menemukan beberapa model menarik.

1.Rolex Oyster Perpetual Ref. 1003

Oyster Perpetual ref. 1003 yang elegan adalah pilihan jam tangan Rolex vintage yang relatif terjangkau. Jam tangan dari tahun 1960-an ini memiliki casing stainless steel 34 mm, menjadikannya jam tangan unisex yang ideal. Dial putih keperakannya menampilkan indeks batang yang diterapkan, dan sorotan jam tangan ini adalah bezelnya yang diputar mesin, dengan fluting halus berganti-ganti antara dua belas penanda halus.

Dial jam tangan ini adalah caliber 1560, yang menampilkan cadangan daya 42 jam. Seperti kebanyakan gerakan Rolex, 1560 juga disertifikasi sebagai “kronometer superlatif” yang memberikan akurasi luar biasa. Saat ini, harga Pre-owned dari Rolex Oyster Perpetual dalam kondisi baik sekitar $3.500.

2.Rolex Datejust Ref. 16013

Rolex OYSTER PERPETUAL DATEJUST Vintage Swiss automatic watch... for Rp.93,283,991 for sale from a Trusted Seller on Chrono24

Jika Anda mencari jam tangan yang mewujudkan semangat tahun 1980-an seperti yang lain, maka Rolex Datejust 16013 dua warna adalah jam tangan yang tepat untuk Anda. Casing stainless steel 36 mm-nya memiliki bezel emas kuning. Mahkota dan gelang Jubilee juga terbuat dari emas. Tampilan tahun 80-an disempurnakan dengan dial berwarna champagne. Anda juga dapat memilih versi dial putih atau hitam. Di dalam jam tangan tersebut terdapat kaliber otomatis 3035 yang bersertifikat kronometer, yang diproduksi Rolex dari tahun 1977 hingga 1988. Gerakan ini menawarkan tampilan tanggal dan cadangan daya 42 jam saat terisi penuh.

Tergantung pada warna dial dan kondisi jam tangan yang Anda pilih, Saat ini Rolex Datejust 16013 berharga antara $5.200 hingga $6.300.

3.Rolex Daytona Paul Newman Ref. 6239

Rolex Daytona 6239 "Paul Newman" Ultimate Buying Guide - Bob's Watches

Setiap kali penggemar jam tangan memikirkan model Rolex Daytona vintage yang populer, yang pertama mungkin muncul dalam pikiran adalah Rolex Daytona Paul Newman ref. 6239 dengan “Dial Eksotis”. Jam tangan ini menampilkan dial 3 warna, membuatnya jauh lebih berwarna daripada dial Daytona hitam atau putih perak asli. Awalnya dianggap gagal pada saat peluncuran, Rolex menghentikan produksi model Paul Newman hanya dalam beberapa tahun, membuatnya cukup langka. Nama Paul Newman telah menjadikannya sebagai salah satu jam tangan vintage paling populer di dunia. Jam tangan ini mendapatkan dorongan lebih lanjut dalam ketenaran setelah satu dari koleksi jam tangan pribadi bintang Hollywood itu dilelang seharga $17,8 juta pada tahun 2017. Siapkan setidaknya $250.000 untuk Daytona 6239 dengan Dial Eksotis dalam kondisi baik. Anda juga dapat memilih model dengan dial putih atau hitam. Harga di sini berkisar dari $61.000 hingga $69.000.

4.Rolex Submariner Ref. 6538 “Big Crown”

Rolex "James Bond" / "Big Crown" Submariner Reference 6538 — Wind Vintage

Rolex Submariner ref. 6538 “Big Crown”, jam tangan yang dikenakan Sean Connery dalam sejumlah film James Bond. Jam tangan yang terlihat di pergelangan tangan Connery di Dr. No, From Russia With Love, dan Goldfinger bahkan diyakini berasal dari koleksinya pribadi. Tentu saja ini bukan satu-satunya jam tangan yang dikaitkan dengan James Bond. 

Rolex Submariner ref. 6538 diluncurkan pada tahun 1956 bersama dengan Submariner ref. 6536. Perbedaan utama antara kedua model tersebut adalah mahkota yang sedikit lebih besar pada ref. 6538, yang memberikan karakter yang jauh lebih besar pada jam tangan ini. Rolex memproduksi dua versi ref. 6538, yang mudah dibedakan. Versi “dua baris” pertama menampilkan dua baris teks di atas posisi jam 6, sedangkan versi kedua memiliki empat baris.

Harga untuk Submariner “Big Crown” ref. 6538 dimulai dari sekitar $65.000 dan naik hingga lebih dari $200.000 untuk spesimen yang terawat dengan baik.

5.Rolex GMT-Master Ref. 6542

Rolex GMT-Master Reference 6542 "Bakelite" — Wind Vintage

Rolex GMT-Master ref. 6542 adalah seri yang pertama dari GMT-Master berbezel merah dan biru yang didambakan. Dalam Goldfinger, Bond girl Honor Blackman mengenakan jam tangan ini dalam perannya sebagai Pussy Galore. Pada saat itu, cukup tidak biasa bagi wanita untuk mengenakan jam tangan sebesar itu. Fakta bahwa dia memainkan pilot pribadi Goldfinger membuat segala sesuatu tentang jam tangan ini semakin keren, terutama mengingat bahwa Rolex GMT-Master dirancang untuk memungkinkan pilot membaca waktu dalam dua zona waktu secara bersamaan. Rolex GMT-Master ref. 6542 adalah seri klasik mutlak Rolex. Skema warna merah dan biru bezelnya masih menjadi standar untuk jam tangan GMT saat ini.. Rencanakan untuk menghabiskan setidaknya $50.000 untuk satu dalam kondisi yang dapat diterima.

Tips Membeli Jam Tangan Vintage

Jika Anda sedang mencari jam tangan Rolex vintage asli, pertimbangkan tips ini sebelum Anda membeli untuk menghindari hal yang tidak menyenangkan.

1.Reputasi penjual: Cari tahu tentang penjual sebelum Anda membeli. Jika itu adalah dealer, tanyakan kepada kolektor jam tangan lainnya tentang pengalaman mereka membelinya dari penjual tersebut. Forum jam tangan online dapat membantu. Jika Anda membeli dari individu pribadi, pastikan jam tangan telah diperiksa oleh ahli jam tangan yang sepenuhnya memenuhi syarat sebelum pembelian. Membeli di pasar online? Pastikan untuk beli di platform jual beli terpercaya, Timemaison.

2.Sebelum Anda membeli, pelajari lebih lanjut tentang model yang tepat: Dari nomor referensi hingga jumlah gerakan yang digunakan, dan fitur khusus dari jam tangan, semakin banyak yang Anda ketahui tentang jam tangan impian Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk melihat perbedaan apa pun. Hal ini dapat sangat membantu mencegah Anda membuat kesalahan.

 

Add comment

Sign up to receive the latest
updates and news

Timemaison.com is the largest marketplace for luxury watches in Indonesia, providing an easy and convenient way to buy and sell your treasured timepieces!

Follow our social media
© 2023 timemasion.com. All rights reserved